14/04/2011

Sehat Setelah Melahirkan

Melahirkan dan memiliki keturunan yang sehat merupakan impain setiap wanita, betapapun sakitnya proses persalinan yang dialami. Terlebih jika mampu melahirkan dengan proses persalinan normal. Tak sedikit kekhawatiran yang muncul pada wanita tentang kondisi mereka setelah melahirkan sang buah hati.. Masalah melebarnya ukuran organ intim menjadi 1 hingga 4 cm setelah melahirkan merupakan beban tersendiri bagi pasangan muda selain rasa sakit karena kurang lancarnya darah nifas atau masih mengendap di dalam rahim. Kedua kondisi ini bisa menyebabkan masalah penyakit serius jika tidak dirawat sejak dini, salah satunya adalah kanker mulut rahim atau kanker serfiks.
Perawatan terhadap organ intim setelah melahirkan pasca melahirkan dalpat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan laytihan senam kegel. Senam kegel pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Arnold Kegel, seorang asisten profesor ginekolog dari Universitas Califirnia Selatan pada tahun 1948. Senam ini bertujuan memperkuat dan memperbaiki otot-otot panggul pada wanita. Denagn latihan yang teratur dan benar, senam ini dapat membantu terutama untuk memulihkan kondisi wanita setelah melahirkan.
Senam Kegel dapat dilakukan dengan cara menahan aliran kencing dan teruskan kembali setelah beberapa saat. Tujuannya adalah melatih otot organ intim wanita agar semakin kuat. Cara lainnya adalah dengan melakukan kontraksi pada otot organ intim, tahan selama 10 detik, kemudian rilekskan. Mungkin pada awalnya tidak dapat melakukan selama hitungan tersebut, teruskan latihan. Ulangi langkah ini 10x pada kesempatan pertama dan tingkatkan intansitanya pada kesempatan berikut.
Senam Kegel selain sederhana dan mudah dilakukan, hanya membutuhkan beberapa menit dalam sehari. Waktu dan tempat sangat fleksibel karena dapat dilakukan kapanpun dan dimana saja. Untuk hasil terbaik, senam kegel perlu dilakukan secara konstan setiap hari. Hasilnya mungkit tidak dalam sekejap. Kebanyakan dari mereka yang melakukan senam ini merasakan perubahan setelah 3 - 4 minggu dengan berlatih beberapa menit sehari. Salah satu kepuasan tersendiri ketika hubungan intim menjadi semakin harmonis apalagi setelah sang ibu melahirkan. dengan berlatih senam kegel secara recara rutin.
Senang dan bangga sekali anda bisa menyempatkan waktu mampir. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan anda berhubung blog ini masih dalam tahap pembangunan. Terima kasih atas pengertiannya, semoga dalam waktu dekat kita semua dapat memperoleh informasi berharga yang mungkin saja bermanfaat dan dapat membantu di blog ini.